Rabu, 23 Oktober 2013

pedoman latihan bagi pomula


PEDOMAN LATIHAN BAGI PEMULA

           Pertama-tama perlu diketahui dulu bahwa seorang pemula adalah orang yang belum pernah latihan sebelumnya, pernah latihan sebentar untuk kemudian berhenti lama bahkan sampai beberapa tahun, atau tidak melakukan latihan secara teratur selama lebih dari 6 bulan.
Kemudian tetapkan tujuan kita. Apakah kita ingin menaikkan berat badan, mengurangi lemak tubuh, menjaga kesehatan dan kebugaran, membentuk tubuh agar lebih indah dan berotot, memperkuat otot-otot tertentu guna dipakai dalam olahraga lain, atau kombinasi dan hal-hal tersebut diatas.
          Setelah kita menetapkan tujuan, tahap berikutnya adalah kita perlu menyadari keberhasilan untuk mencapai hail yang diinginkan merupakan kombinasi dari latihan, diet dan nutrisi yang optimal, pengaturan makanan yang baik, istirahat yang cukup, penggunaan suplemen seperlunya, mental untuk fokus dalam melaksanakan semua aktivitas kita. Setelah itu kita menyiapkan program kita yang jelas dan terarah dan mencakup semua hal tersebut diatas.
Tidak ada rahasia dalam binaraga. Kita hanya perlu melaksanakan tujuan yang telah kita rencanakan dan kita perlu mengembangkan pengetahuan kita tentang semua hal di atas serta senantiasa menambah ilmu pengetahuan. Selalu ada hal baru yang dapat kita pelajari karena dasar ilmu pengetahuan binaraga adalah ilmu pengetahuan latihan beban yang merupakan salah satu bagian dari ilmu kedokteran dasar dan terapan yang sangat luas.
Kita tentu mempunyai alasan sendiri mengapa kita melakukan aktivitas binaraga. Kita juga mempunyai motivasi pribadi yang berbeda satu sama lain, potensi genetik yang berbeda, kondisi keuangan yang berbeda, dan keadaan alam serta gym atau fitness center yang berbeda-beda. Prinsipnya sama, kita semua ingin mencapai tujuan yang seoptimal mungkin. Hal ini tidak sukar dilakukan. Hanya perlu diingat untuk memeriksakan diri ke dokter terutama bagi yang mempunyai hambatan tertentu dan buatlah tujuan yang realistis. Kita perlu memperkirakan keadaan kita masing-masing seperti kondisi keuangan, waktu, pekerjaan kita yang lain mulai dan saat ini sampai 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun di muka. Peganglah teguh tujuan kita dan berikan waktu.
Kesabaran diperlukan untuk mencapai hasil yang optimal. Tidak ada jalan pintas guna mencapai tujuan dalam berlatih binaraga. Kualitas tubuh seorang binaragawan tidaklah dicapai dengan cara yang singkat, perlu kerja keras dan dedikasi tinggi untuk memperoleh tubuh seperti yang kita inginkan.
         Hal utama dalam berlatih binaraga adalah menikmati apa yang kita lakukan. Jadikan apa yang kita lakukan sebagai suatu kebiasaan, bukan keterpaksaan. Binaraga adalah olahraga yang memberikan kemenangan kepada siapa saja. Kita tidak harus menjuarai kompetisi binaraga untuk bisa dikatakan berprestasi. Apabila kita mampu mengubas kondisi tubuh kita menjadi lebih baik melalui olahraga ini, maka kita pantas disebut sebagai pemenang. Kemenangan dari kondisi yang tidak diinginkan menjadi kondisi yang diinginkan. Bagi wanita, mungkin dari kondisi gemuk ke kondisi langsing. Juga kondisi sakit menjadi sehat dan kondisi kurus menjadi tegap bahkan menjadi atlet binaraga dan sebaliknya. Pemenang adalah orang-orang yang suka bekerja keras dan terus berusaha.
       

Prinsip latihan bagi pemula sangat mendasar. Banyak diantara kita dan bahkan atlet profesional binaraga yang bertahan untuk berlatih seperti seorang pemula sampai satu tahun penuh. Setelah berlatih lebih dari 10 tahun tanpa mengalami cedera yang serius. Semua hal positif yang diperoleh ini didapat karena berusaha memiliki landasan yang kokoh dan latihan yang diperoleh sebagai seorang pemula. Sama seperti dalam membangun rumah atau gedung, memerlukan fondasi atau landasan yang kokoh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar