Rabu, 23 Oktober 2013

Jedah waktu pergerakan


>> Waktu istirahat antar set
       Antara satu set dan set berikutnya kita memerlukan waktu istirahat. Pasalnya tubuh kita memerlukan waktu untuk pemulihan tenaga sebelum kita mengangkat beban pada set berikutnya. Waktu istirahat antarset adalah sekitar 30-90 detik, tergantung dari intensitas latihan yang kita lakukan atau kelompok otot yang sedang dilatih saat itu. Untuk jenis latihan dengan intensitas tinggi, mungkin kita perlu waktu istirahat sampai 90 detik atau lebih (maks. 3-5 menit) dan untuk intensitas sedang mungkin cukup hanya dengan 45 detik. Untuk atlet binaraga yang sudah sangat terlatih, mungkin ia memerlukan waktu istirahat yang lebih sebentar dibanding pemula.
Untuk kelompok otot yang lebih besar seperti paha, pungung, dada, kita memerlukan waktu istirahat yang lebih banyak dibandingkan untuk kelompok otot yang kecil.
Mungkin sebagian dari kita pernah melakukan kesalahan seperti terlalu banyak istirahat antarset, misalnya dengan mengobrol 4-5 menit sehabis melakukan satu set, padahal kita sedang melakukan latihan dengan intensitas sedang. Hal ini tentu akan mengurangi efektivitas dari latihan dan intensitas tidak terjaga. Perlu diingat kembali tujuan kita berlatih adalah untuk memperoleh hasil, jadi kita perlu serius dan berkomitmen dalam berlatih. Perhatikan waktu antarset tersebut agar latihan kita tidak menjadi sia-sia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar